Al-Qur’an; Kitab Yang Memuliakan Dan Menghinakan

Al-Qur’an; Kitab Yang Memuliakan Dan Menghinakan



«إِنَّ اللهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا، وَيَضَعُ بِهِ آخَرِينَ».
Sesungguhnya Allah akan memuliakan suatu kaum dengan kitab ini (Al Qur`an) dan menghinakan yang lain.
A. Redaksi Hadits
وحَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، حَدَّثَنِي أَبِي، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنْ عَامِرِ بْنِ وَاثِلَةَ، أَنَّ نَافِعَ بْنَ عَبْدِ الْحَارِثِ، لَقِيَ عُمَرَ بِعُسْفَانَ، وَكَانَ عُمَرُ يَسْتَعْمِلُهُ عَلَى مَكَّةَ، فَقَالَ: مَنِ اسْتَعْمَلْتَ عَلَى أَهْلِ الْوَادِي، فَقَالَ: ابْنَ أَبْزَى، قَالَ: وَمَنِ ابْنُ أَبْزَى؟ قَالَ: مَوْلًى مِنْ مَوَالِينَا، قَالَ: فَاسْتَخْلَفْتَ عَلَيْهِمْ مَوْلًى؟ قَالَ: إِنَّهُ قَارِئٌ لِكِتَابِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَإِنَّهُ عَالِمٌ بِالْفَرَائِضِ، قَالَ عُمَرُ: أَمَا إِنَّ نَبِيَّكُمْ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ قَالَ: إِنَّ اللهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا، وَيَضَعُ بِهِ آخَرِينَ.
Hadits ini merupakan riwayat Muslim. Imam Muslim mencantumkan hadits ini pada Kitab ke-6: Shalat Al-Musafirin wa qashriha, Bab ke-47: fadhl man yaqumu bi Al-Qur’an wa yu’allimuhu, wa fadhl man ta’allama hikmatan min fiqhin, au ghairi fa’amila biha wa ‘allamaha, No. 817.
B. Biografi Rawi
a) Zuhair bin Harb
Beliau bernama lengkap Zuhair bin Harb bin Syaddad al-Harasyi. Beliau memiliki kunyah Abu Khaisamah An-Nasa-i. Beliau adalah Maula bani Al-Harisy bin Ka’ab bin ‘Amir bin sha’sha’ah. Beliau tinggal di Baghdad. Beliau dilahirkan pada tahun 160 H, dan beliau wafat tahun 234 H. Beliau ada pada tingkatan Thobaqoh ke 10 (Kibar Al-Akhidzina ‘an Taba’ Al-Atba’). Beliau adalah rawi yang sering disebut dalam kutubus Sittah, diantaranya: Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, An-Nasaa-i, dan Ibn Majah.
Ibn Hajar menilai baik kepadanya dengan ucapan “Tsiqqah Tsabat”. Sedangkan Adz-Dzahabi menilai baik kepadanya dengan ucapan “Al-Hafizh”. Ya’qub bin Syaibah berkata: Zuhair lebih tsiqqah dari pada Abu Bakr bin Abi Syaibah.
Beliau memiliki sekitar 111 guru diantaranya adalah Ya’qub bin Ibrahim, AL-Walid bin Muslim, dan Yazid bin Harun. Dan beliau memiliki murid sekitar 25 Murid, diantaranya adalah Muslim bin Hajjaj, Muhammad bin Ismail Al-Bukhari, dan Sulaiman bin Al-Asy’ats Abu Dawud.
b) Ya’qub bin Ibrahim
Beliau bernama lengkap Ya’qub bin Ibrahim bin Sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdirrahman bin ‘Auf Al-Qurasyi Az-Zuhri Abu Yusuf Al-Madini. Beliau tinggal di Baghdad bersama saudaranya Sa’ad bin Ibrahim. Beliau ada pada thobaqoh ke 9 (Min Shigar Atba’ At-Taabi’in). Beliau wafat tahun 208 H. Beliau adalah Rawi penulis Kutubus Sittah.
Ibn Hajar menilai baik padanya dengan ucapan “Tsiqqah Fadhil”. Sedangkan Adz-Dzahabi menilainya dengan Hujjah Wara’.
Beliau memiliki 67 guru, diantaranya adalah Ibrahim bin Sa’ad (ayahnya), Syarik bin ‘Abdillah An-Nakha’i dan Shalih bin Ruuman. Dan memiliki 54 Murid, diantaranya adalah Zuhair bin Harb, Ahmad bin Hanbal, dan Hajjaaj bin Syaair.
c) Ibrahim bin Sa’ad
Beliau bernama lengkap Ibrahim bin sa’ad bin Ibrahim bin ‘Abdirrahman bin ‘Auf Al-Qurasyi Az-Zuhry, Abu Ishaq Al-Madini. Beliau tinggal di Baghdad. Beliau lahir tahun 108 H, dan wafat tahun 185 H. Beliau ada pada Thobaqoh ke 8 (Min Al-Wustho min Atba’ At-Tabi’iin). Beliau adalah rawi kutubus Sittah.
Ibn hajar menilai baik kepadanya dengan ucapan Tsiqqah hujjah Takallam fihi bila Qadaahin. Sedangkan Adz-Dzahabi menilainya sebagai ulama yang besar.
Beliau memiliki 30 guru, diantaranya adalah Ibn Syihab Az-Zuhri, Ayahnya (Sa’ad bin Ibrahim), dan Shalih bin Kaisan. Dan beliau memiliki 107 Murid, diantaranya adalah anaknya (Ya’qub bin Ibrahim), Yahya bin Adam, dan Yazid bin Harun.
d) Ibn Syihab
Beliau bernama lengkap Muhammad bin Muslim bin ‘Ubaidillah bin ‘Abdillah bin Syihab bin ‘Abdullah bin Al-Harits bin Zuhrah AL-Qurasyi, Abu Bakr Al-Madini. Beliau ada pada thobaqoh ke 4 (Thabaqah tali Al-Wustho min At-Taabi’iin). Beliau wafat pada tahun 125 H. Beliau adalah rawi kutubus Sittah.
Ibn Hajar menilai baik kepadanya dengan ucapan “Al-Faqiih Al-Hafizh Muttafaq ‘Ala Jalaalatihi wa Itqanihi”. Sedangkan Adz-Dzahabi menilainya dengan ucapan “Ahad Al-A’lam”
Beliau memiliki 247 guru, diantaranya adalah Amir Bin Watsilah, Anas bin Malik dan Khalid bin Aslam. Dan beliau memiliki 236 Murid, diantaranya adalah Ibrahim bin Sa’ad, Aban bin Shalih, dan Ibrahim bin Sa’ad Az-Zuhri.
e) ‘Amir bin Watsilah
Beliau bernama lengkap Amir bin Watsilah bin ‘Abdillah bin ‘Amr bin Jahsy Al-laitsy, Abu Ath-Thufail. Beliau adalah seorang sahabat Nabi yang paling terakhir wafatnya. Beliau wafat tahun 110 H. Beliau adalah rawi kutubus Sittah.
Beliau memiliki 21 guru, diantaranya adalah Nafi bin ‘Abd Al-Harits, Nabi Saw, dan Hudzaifah bin Al-Yamani. Dan beliau memiliki 55 Murid, diantaranya adalah Ibn Syihab Az-Zuhri, Qatadah, dan Kultsum bin Jabr.
f) Nafi’ bin ‘Abd Al-Harits
Beliau bernama Nafi’ bin ‘Abd Al-Harits bin Khalid al-Khuza’i. Beliau adalah seorang pegawai Umar bin Al-Khaththab di Makkah. Beliau adalah salah seorang sahabat yang wafat di Makkah.
Beliau memiliki 2 orang guru yaitu Rasulullah Saw dan Umar bin Al-Khaththab. Beliau memiliki 5 orang murid, diantaranya ‘Amr bin Al-Watsilah, Jamil bin ‘Abd Ar-Rahman, dan Abu Salamah bin ‘Abd Ar-Rahman.
g) Umar bin Al-Khattab
Beliau bernama Umar bin Al-Khaththab bin Nufail bin Abd al-‘Azzi bin Riyaah bin ‘Abdullah bin Qirth bin Razaah bin ‘Addi al-Qurasyi Al-‘Adawi. Beliau biasa dipanggil dnegan kunyah Abu Hafsh dan gelar Amirul Mukminin. Beliau wafat pada tahun 23 tahun di Madinah.
Beliau memiliki 5 orang guru, diantaranya adalah Rasulullah Saw, Bilal bin Rabbah, dan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Beliau memiliki 315 Murid, diantaranya adalah Nafi bin ‘Abd Al-Harits, Jabir bin Samurah, dan Khudzaifah bin Al-Yamani.

C. Takhrij Hadits
Berdasarkan pelacakan Hadits oleh Software Jawami’ Al-Kalim yang mencakup 1400 kitab yang mengandung Hadits, ditemukan bahwa hadits ini diriwayatkan oleh 26 Mukharrij. Berikut diantaranya:
1) Shahih Muslim, Kitab Shalat Al-Musafirin wa Qashriha, Bab Fadhl man Yaquumu bi Al-Qur’an, wa yu’allimuhu, wa fadhl man ta’allama hikmatan min fiqhin, au ghairihi fa’amila biha wa ‘allamaha, No. 820
2) Sunan Ad-Darimi, Kitab Fadhail Al-Qur’an, Bab Innallaha yarfa’u bihadza Al-Qur’an Aqwaman wa yadho’u aakhorin, No. 3365
3) Sunan Ibn Majah, 218
4) Musnad Ahmad bin Hanbal, 233
5) Shahih Ibn Hibban, 772
6) Mustakhraj Abu Awanah, 3762, 3763
7) Al-Musnad Al-Mustakhraj ‘ala Shahih Muslim li Abi Na’im, 1849, 1850
8) As-Sunan Al-Kubra li Al-Baihaqi, 88:3
9) Al-Bahr Az-Zukhaar bi Musnad Al-Bazzar, 249
10) Musnad Abi Ya’la Al-Maushili, 210
11) Musnad Asy-Syamiyyin li Ath-Thobroni, 2999
12) Al-Jami’ li Ma’mar Rasyid, 20944
13) Al-Mahrawaniyaat wa Al-Qawaid Al-Muntakhiyyah Ash-Shihah wa Al-Gharaib li Yusup bin Muhammad, 14
14) Fawaid Hissan wa Muqatil Utsman
15) Syu’ab al-Iman li Al-Baihaqi, 2682
16) Tahdzib al-Atsaar li Ath-Thobari, 29, 1109
17) Syarh As-Sunnah, 1184
18) Akhbar Makkah li Al-Azraqi, II: 538, 539
19) Akhbar Makkah li Al-Faakihi,
20) Ansab Al-Asyraaf li al-Baladzuri,
21) Tarikh ibn Abi Khaitsamah, 472
22) Asad Al-Ghayah li Ali bin Al-Atsir
23) Fadhail Al-Qur’an li Al-Qasim bin Salam, I:76, II: 43
24) Fadhail Al-Qur’an wa tilaawatihi li Ar-Razi, 63
25) Hilyatul al-Auliya li Abi Na’im, 1254
26) Akhbar Ashbahani li Abi Na’im, II: 222
D. Kesimpulan Hukum Derajat Hadits
Berdasarkan ketsiqatan rawi-rawi hadits riwayat Muslim dan banyaknya Mukharrij yang meriwayatkannya. Imam Nashiruddin Al-Albani dalam kitabnya Misykat Al-Mashabih menilai hadits ini sebagai hadits Shahih, dan kriteria Imam Muslim dalam penyusunan Kitab Shahihnya adalah hanya memasukan Hadits Shahih. Maka dapat disimpulkan bahwa hadits ini shahih.
E. Syarah Matan
Nafi bin Abdul Harits adalah seorang pejabat di kota Makkah yang diangkat oleh Khalifah Umar bin Al-Khaththab. Suatu hari ketika beliau sedang berada di wilayah ‘Usfan, datanglah seorang shahabat terbaik ketiga setelah Rasulullah SAW dan Abu Bakar, yaitu Umar bin Al-Khaththab. lalu beliau pun berbincang-bincang cukup lama dengannya.
Siapa yang Anda angkat sebagai kepala bagi penduduk Wadli? tanya Umar
Ibnu Abza Jawab Nafi'
Siapakah itu Ibnu Abza? tanya Umar
Salah seorang Maula (budak yang telah dimerdekakan) di antara beberapa Maula kami.” jawab Nafi'
Kenapa Maula yang diangkat?” tanya Umar
Karena ia adalah seorang yang pintar tentang Kitabullah dan pandai tentang ilmu fara`idl (ilmu tentang pembagian harta warisan).” jawab Nafi'
Benar!, Nabi kalian pernah bersabda: 'Sesungguhnya Allah akan memuliakan suatu kaum dengan kitab ini (Al Qur`an) dan menghinakan yang lain.” kata Umar

Hadits ini menerangkan bahwa dengan membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya, Allah akan meninggikan derajat seseorang di dunia dan di Akhirat. Seperti yang terjadi kepada Ibn Abza, dia dulunya adalah seorang hamba sahaya yang rendah di mata orang lain, tapi ketika ia menjadi seorang yang membaca Al-Qur’an dan menguasai Ilmu Faraidh. Maka Allah mengangkat derajat Ibn Abza menjadi seorang pemimpin penduduk Wadli’ yang dihormati dan ditaati karena keilmuan dan keshalihannya.
Sedangkan bagi orang yang menolak Al-Qur’an dan enggan untuk melaksanakan perintah dan larangan di dalamnya, Allah akan merendahkan derajatnya di dunia dan di akhirat. Banyak terjadi di sekitar kita orang-orang yang enggan melaksanakan perintah Allah dalam Al-Qur’an. Allah memerintahkan hambanya untuk Shalat Lima Waktu, tapi ada yang tidak melaksanakannya dengan alasan kesibukan pekerjaan dan alasan lainnya. Allah memerintahkan untuk berzakat, tapi masa ada yang enggan melaksanakannya. Apabila masih ada orang seperti ini, maka tunggulah datangnya ancaman Allah terhadap mereka, sebagaimana diterangkan pada hadits ini.[1]
[1] As-Sindi, Hasyiyah As-Sindi ‘Ala Sunan Ibn Majah. ()
IMG_0524

Tidak ada komentar:

Posting Komentar